-->

Penangkaran Kacer Sangkar Gantung Bagi Pemula

Penangkaran Kacer Sangkar Gantung - Peternak burung kacer di negara Indonesia teryta belumlah banyak seorti peternak burung murai baru.Beternak burung murai batu atau kacer padahal memiliki tingkat kesulitan yang sama seperti waktu penjodohan. Tapi tidak ada yang sulit jika pekerjaan di lakukan eengan sungguh-sunguh, disini saya akan gamblangkan Cara Penangkaran Kacer Kandang Gantung.


Penangkaran Kacer Sangkar Gantung Bagi Pemula

Beternak menggunakan kandang gantung bisa kalian lakukan seperti berbagai jenis burung berkicau , yang terkecuali burung anis kembang, burung urai batu, burung kenari, burung lovebird dan burung anis merah. Contoh banyak fakta anggapan banyak orang bahwa banyak burung yang bisa diternak hanya bisa jika tempat kandangya di desain mirip mungkin habitatnya.

Memodifikasi sangkar breding dengan suasana asli habitatny, tentu saja di perbolehkan. Tapi keliru jika di anggap itu sebuah syarat yang harus dilakukan agar berhasil dalam Penangkaran Kacer Dalam Sangkar Gantung.

Keunggulan Penangkaran Burung Kacer Di Sangkar Gantung


Penangkaran Kacer Sangkar Gantung Bagi Pemula

Beternak burung kacer menggunakan kandang gantung memiliki beberapa keunggulan seperti berikut:

  1. Selama kualitas induknya terjaga, dan sering dapat juara penangkaran burung kacer dalam kandang gantung tetap bisa menghasilkan bibit yang unggul pula.
  2. Mengandalkan kandang gantung burung kacer bisa berjodoh hingga menghasilkan bibit anak yang unggul.
  3. Penangkaran burung kacer dengan kandang gantung sangat simpel, sebab kandang yang digunakan dengan ukuran 50x50 CM. Tapi kalian juga boleh membuatnya sendiri dari ram kawat untuk ukurn yang lebih besar.
  4. Kandang bisa dipindah tempatkan jika lokasi sekitar kurang baik untuk penangkaran burung kacer.
  5. Untuk induk bisa dipindahkan untuk di jemur agar bisa merangsang birahi untuk perkawinan.
  6. Anakan yang baru netas bisa di pantau setiap saat.

Dari contoh keunggulan yang telah disebutkan tadi, Mass burung ingin mengamati masalah penghematan lokasi beternak, Sebab masalah ini sering terjadi bagi kalian yang pemula dengan banyak kendala-kendala. Dalam sangkar ternak yang umum, kalian harus membuat kandang ukuran 1x1 meter persegi tinggi 1,5 meter.  Jika kalain inin membuat lima kandang aja, kalian membutuhkan lima meter lahan.
Kedua kanang ini bisa di gantung atau di tempelkan pada dinding menggunakan paku. Jika kedua bibit unggulan sudah berjodoh, burung yang jantan di pindahkan ke kandang betina. Sehinnga kandang yang itu bisa di gunakan untuk indukan lainnya. Dikarenakan sangkat ternak di gantung atau di tempel di tempat rungan ternak, ruangan yang di bawah kandang ternak masih bisa buat menyimpan pakan ternak burung.

Tips yang paling penting dalam Penangkaran Kacer Sangkar Gantung adalah pasangan induk yang satu jangan sampai melihat induk lainnya. Anda boleh menggunakan penghalang di tempat penangkaran. Tapi jika burung tidak saling meihat tapi masih mendengar suara kicauan burung lainnya, maka pasangan burung yang sedang melaksanakan tugasnya tidak akan terganggu.

Kunci yang paling penting dalam penangkaran burung kacer ini kalian harus jeli memilih calon induk, baik induk tau betina. Induk jantan harus berumur minia satu tahun dan juga sudah gacor. Pilih calon jantan yang suaranya bagus, iramanya bagus, speed rapat, serta volume suaranya maksimal.

Ada juga calon induk yang usianya delapan bulan, lebih baik betina ini  merupakan bibit dari burung kacer yang pernah menjadi burung juara. Dalam model pewarisan keturuan menganut pola criss crossinhetance. Dalam pola keturunan ini, yang terbesar sifat burung jantan akan di warisi pada calon anak betina. Dan sebaliknya sifat burung yang betina aka di wariskan pada anak burung yang jantan.

Selain itu pilihlah calon induk yang sudah birahi, dan akan mempercepat proses perkawinan. Ciri-ciri kacer btina yang sudah birahi yaitu serng mengepakan sayapnya. Burung kacer betina di usahakan sudah jinak tidak grabagan, sehingga tidak takut oleh kita ketika akan kandang di bersihkan atau akan memberi pakan.

Sebelum kalian memulai di harap menyiapkan kandang, langkah-langkahnya sebagai berikut:
  1. Penangkaran kacer kandang gantung yang pertama siapkan kandang ukuran 50 x 50 x 50 cm3 yang biasa dipakai beternak burung kenari, digantung di tempat yang anda mau. Bisa di tempat - tempat yang tidak terpakai, atau bisa di tempelkan pada dinding ruangn yang anda inginkan.
  2. Kandang ini disempurnakan dengan tempat sarang di simpan dibagian sudut kandang. Letakan sebagian bahan sarang ke tempat sarang, separuhnya letakan di dasar kandang. Kandang inilah yng dijadikan rumah oleh burung kacer betina yng akan di kawinkan .
  3. Sekarang gantung atau tempel kandangnya sehingga kandang yang satunya bisa bersampingan dengan kandang yang lainnya. Untuk sementara kandang ang satunya akan dijadikan rumah sementara untuk burung kacer jantan.
Setelah burung jantan dan burung betina di pilih yang paling unggul, segera masukan ke kandang yang tadi saling berdekatan. Siapkan terlebih dahulu makanan kering ke setiap kandang, air minum, serta jangkrik, cacing tanah, dan lain - lain. Untuk porsi sesuaikan dengan kebutuhan masing - msing kandang.

Agar lebih bagus berikan suplemen khusus BirdMature yang bisa dimakan burung jantan dan burung betina selama 1 minggu. Suplemen khusus sangat bagus untuk burung penangkaran dalam meningkatkan kualitas dan kekuatan tetas telur, serta meningkatkan kualitas anakan yang baru keluar.

Kata Mass Burung, kedua kandang tetap saling berdampingan sampai kedua burung saling menghampiri. Biasanya diperlukan waktu kurang lebih 1 minggu. Setelah indukan burung jantan dan betina saling berdekatan, maka sudah saatnya kedua burung di satukan di kandang yang sama.

Dalam proses ini akan menentukan berhasil atau tidaknya perkawinan ternak burung kacer. Tidak semua penangkaran kacer di kandang gantung berhasil, karena di psoses ini apabila tadinya di kandang masing - masing saling berdekatan tidak semua setelah di pindahkan ke kandang yang sama akan berdekatan lagi.

Setelah kacer jantan dan betina di satukan dalam satu kandang harus diamati beberapa  jam. Lihat tingkah keduanya apakah tetap akur dan berdampingan atau sebaliknya saling bermusuhan. Apabila keduanya saling berdekatan berarti perkawinannya berhasil dan akan berlanjut tapi apabila saling bermusuhan maka segera pisahkan.

Jika induk betina muai bertelur, induk jantan harus terus mendampingi induk beina. Sesudah semua telur menetas, induk betina akan selalu menjagadan merawatnya. Apabila umur anakan baru sudah lebih dari stu minggu, maka anakan pindahkan ke tempat baru dan akan dirawat oleh pemiliknya. Dengan itu penangkaran kacer kandang gantung dinyatakan berhasil. Setelah pemisahan indukan dengan anakan, maka dalam jangka 3 hari indukan jantan dan betina bisa berproduksi lagi.

Sekian informasi tentang Penangkaran Kacer Sangkar Gantung Bagi Pemula, jika kalian suka silahkan share ke media sosial dan kalian juga boleh membeikan komentar di bawah artikel yang telah di sediakan.

Penangkaran Kacer Sangkar Gantung Bagi Pemula